03/12/18

Anda Perlu Tahu, Apa Saja Fungsi dan Manfaat Hosting dalam Pembuatan Website


Situshostingterpercaya - Dengan kemajuan teknologi sekarang ini, maka penggunaan website sudah dijadikan prasyarat agar suatu perusahaan atau personal dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Sementara di dalam website, dibutuhkan peran hosting yang merupakan layanan penyimpan data dari sebuah situs atau aplikasi online lain agar bisa diakses oleh pengunjung lain, melalui internet.

Jika Anda adalah seseorang yang ingin belajar mengenai dunia digital, terutama penggunaan internet, maka memahami kerja hosting merupakan hal penting yang harus dilakukan. Terlebih, jika hosting ini memiliki peran penting dalam pengembangan sebuah website. Lantas apa fungsi hosting untuk website tersebut yang perlu Anda ketahui? Simak sekarang.

Fungsi Hosting untuk Website


Penyimpanan Data


Fungsi utama sebuah hosting adalah sebagai tempat penyimpanan data atau file-file berguna milik website tertentu, agar nantinya bisa diakses juga oleh pengguna lain. Hosting ini berperan selayaknya perpustakaan yang menyimpan berbagai data, yang kemudian dibuka secara umum dan dengan penyimpanan ini, maka pemilik website bisa menyediakan data yang dibutuhkan untuk pengunjung mereka.

Alamat Akses Data Situs


Web hosting juga berperan sebagai redireksi akses situs dari DNS tertentu, yaitu dimana alamat website tersebut memiliki domain yang terdaftar dalam DNS. Jika Anda mencoba mengakses alamat situs tersebut, maka server atau penyedia domain yang Anda ikuti, secara otomatis akan mengakses alamat hosting yang digunakan pada website ini, baru kemudian menjalankannya.

Tanpa adanya hosting, maka website atau situs Anda tidak akan bisa diakses pengguna lain, bahkan memungkinkan munculnya error atau tidak ada alamat yang terhubung dan semacamnya, meskipun secara resmi, alamatnya terdaftar dalam list DNS yang digunakan.

Menjaga Situs Tetap Online


Fungsi hosting lainnya adalah menjaga website tetap online atau aktif agar bisa diakses oleh siapapun, kapanpun dan di manapun. Bila Anda membuat situs untuk keperluan profesi, bisnis dan sebagainya, maka sangat disarankan agar memakai hosting untuk membuat website tersebut tetap aktif dan mudah diakses meskipun memiliki banyak pengunjung yang membuat server down.

Pemakaian hosting memang memberikan banyak kemudahan, karena memiliki peran penting dalam keperluan mengelola website. Dengan adanya layanan ini, maka Anda bisa mengakomodir semua kebutuhan untuk berkecimpung di dunia digital, baik sebagai perusahaan atau personal. Selain memberikan peran yang sangat penting, hosting juga memiliki manfaat yang tidak kalah penting, seperti ini.

Manfaat Layanan Hosting untuk Website Anda


Solusi Penyimpanan Praktis


Dengan menggunakan hosting, yaitu media penyimpan semua data penunjang media yang berhubungan dengan website, bisa dijadikan dalam satu wadah yang memiliki ruang penyimpanan praktis dan hemat. Pun dengan penggunaannya yang terbilang mudah dan cepat, untuk bisa diakses dari mana saja dan kapan saja melalui jaringan internet. Ini menjadikan pelaku website sangat merasa diuntungkan.

Kostumisasi yang Mudah


Selain manfaat sebelumnya, hosting juga memiliki kostumisasi yang mudah dikelola dan diatur sehingga memberikan kenyamanan tersendiri bagi pengguna website. Misalnya melalui control panel yang dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan penggunanya.

Tidak hanya itu, control panel ini juga bisa digunakan untuk menambah sekaligus mengatur sejumlah fitur tertentu, seperti upload file dan gambar, memuat akun email sesuai domain atau memeriksa statistik pengunjung. Karena hal inilah, mengapa hosting sangat dibutuhkan pengguna website.

Hemat Waktu, Tenaga dan Biaya


Jika Anda memakai layanan hosting yang berbayar, maka kemungkinan Anda tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu untuk mengelola server sendiri, karena sudah adanya sebuah tim atau tenaga profesional yang mengurus hal itu. Selain itu, layanan hosting juga telah membuat anggaran sendiri, sehingga membuat pengeluaran Anda menjadi lebih efisien.