07/12/18

Tips Memilih Hosting Paling Tepat untuk Memulai Website Anda Sendiri


Situshostingterpercaya - Hosting merupakan komponen utama dalam membangun sebuah website atau blog, karena bertanggungjawab sebagai penyimpan data atau file situs agar bisa diakses oleh pengunjung. Maka dari itu, penggunaannya perlu diperhatikan agar terhindar dari masalah berupa, gangguan ruang penyimpan yang penuh, resouces yang overload, dan keamanan hosting yang tidak mumpuni.

Jika Anda berniat menggunakan hosting untuk website, sebaiknya menerapkan beberapa trik dan tips dalam menentukan server mana yang cocok dan sesuai untuk Anda, baik dalam segi kecepatan akses, fleksibilitas ruang penyimpan ataupun keamanan. Dengan demikian website Anda bisa terus berjalan tanpa adanya gangguan layanan hosting.

Tips Memilih Hosting yang Tepat


Mempertimbangkan Support atau Dukungan dari Penyedia Layanan


Dukungan dari penyedia layanan merupakan poin penting dalam memilih penyedia server hosting, karena umumnya pemilik website sangat membutuhkan layanan tersebut. Bahkan kadang kala, orang yang sudah ahli berkecimpung di dunia digital, masih membutuhkan support ini.

Sementara bentuk dukungan yang biasanya diberikan oleh penyedia hosting, bisa berupa melakukan migrasi hosting, upgrade hosting, atau perbaikan ketika hosting bermasalah saat digunakan. Lalu semakin cepat respon mereka terhadap masalah hosting Anda, maka itulah nilau plus yang bisa dipertimbangkan dalam memilih penyedia hosting untuk Anda.

Memastikan Besar Kecepatan Server


Tingkat kecepatan server hosting merupakan poin terpenting dalam menentukan layanan hosting terbaik untuk website Anda, karena ini juga bersangkutan dengan user experiences atau kepuasan pelanggan dan SEO dalam pengelolaan website. Terlebih jika para pengunjung umumnya menyukai website dengan akses yang cepat dan mudah.

Menentukan Spesifikasi Server Hosting


Spesifikasi hosting ini sebaiknya ditentukan berdasarkan kebutuhan Anda, karena setiap penyedia juga memiliki spesifikasi server yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pemilihan spesifikasi ini bisa Anda tentukan berdasarkan dengan jumlah resource atau target pengunjung website Anda saat itu.

Misalnya jika tersebut website baru yang sedikit pengunjung, maka Anda bisa memilih server hosting dengan spesifikasi yang kecil, namun jika traffic website Anda besar, maka pilih spesifikasi yang sebanding dengan itu atau melakukan upgrade.

Memilih Lokasi Server


Pemilihan lokasi server ini sebaiknya disesuaikan dengan traffic atau target pengunjung dari website Anda. Misalnya, jika target Anda merupakan masyarakat lokal, maka pilih server hosting yang berada di daerah setempat atau lokal. Begitupun jika target Anda adalah penduduk sedunia, maka lokasi server Anda juga perlu disesuaikan dengan lokasinya, karena hal ini berhubungan dengan kecepatan dan kenyamanan akses.

Memastikan Tingkat Keamanan Server


Memastikan tingkat keamanan server merupakan poin penting yang tidak bisa ditinggalkan saat memilih hosting, karena ini berhubungan dengan kerahasiaan data. Pilihlah penyedia layanan yang mumpuni dalam melakukan update server, karena umumnya kesalahan script pada website dan banyaknya kasus peretasan berawal dari sini.

Menentukan Harga


Setelah menentukan berbagai hal yang dibutuhkan untuk website, seperti lokasi, spesifikasi, kebutuhan traffic, keamanan, support penyedia hosting, bahkan kecepatan server, maka pertimbangan selanjutnya adalah Anda juga perlu memperhatikan kebutuhan akan kantong Anda, yaitu dengan memilih harga yang relatif sesuai dengan pilihan paket hosting pada website.

Pemilihan harga ini tentu relatif terhadap setiap penyedia server, karena umumnya mereka menyediakan suport dan spesifikasi yang beragam. Untuk bisa memutuskan hal ini, tentu Anda membutuhkan informasi lebih dan perbandingan antara penyedia hosting satu dan lainnya, sehingga Anda bisa tahu kebutuhan hosting yang sesuai dengan website Anda.

Sebaiknya, Anda memilih penyedia hosting yang mematok harga sesuai dengan layanan yang mereka berikan dan berdasarkan kebutuhan Anda. Jangan memilih paket besar, tetapi website Anda ternyata masih minim pengunjung, dan jangan memilih paket kecil karena murah, sedangkan website Anda sudah sangat advance, karena itu berhubungan dengan kenyamanan akses pengunjung.