04/12/18

Kenali Lebih Dulu Jenis-Jenis Hosting Sebelum Memulai Membangun Website


Situshostingterpercaya - Untuk mengembangkan sebuah website ternama, maka seseorang membutuhkan hosting, sebagai penyimpan data agar file yang ada di dalam situs bisa diakses juga oleh orang lain.

Jika Anda tertarik menggunakan hosting untuk mengembangkan website sendiri, baik untuk keperluan perusahaan ataupun personal, maka sebaiknya Anda lebih dulu mengenal jenis-jenis Hosting yang bisa dipilih untuk situs tersebut.

Jenis-Jenis Web Hosting


Shared Hosting


Shared hosting merupakan jenis layanan web yang bisa digunakan secara bersama-sama, dengan memiliki lebih dari satu pengguna dalam satu server. Dimana masing-masing dari pengguna ini, memiliki ruang penyimpanan dan hak aksesnya sendiri-sendiri, yang tidak bisa saling mengganggu.

Dengan kata lain, hanya pengguna yang bisa mengakses folder hosting miliknya dan tidak bisa mengakses folder lain yang bukan miliknya.Kelebihan dari jenis hosting ini adalah memiliki biasanya penyewa layanan yang lebih ekonomis, mudah digunakan, efisien, dan tersupport selama 24 jam.

Sayangnya, Anda memiliki ruang penyimpanan yang terbatas, baik kapasitas maupun hak aksesnya, dan kadang beresiko dibobol security-nya atau sering overload dalam penggunaan resources, dan umumnya hanya bisa menampung sedikit pengunjung.

VPS Hosting


VPS hosting atau virtual private server hosting menerapkan sistem yang hampir sama dengan shared hosting, yaitu dimana dalam satu server fisik terbagi menjadi beberapa server virtual, namun hak akses server virtual tersebut menjadi pemilik satu pengguna saja. Umumnya, hosting ini digunakan untuk webmaster yang sudah memiliki traffic pengunjung besar dan levelnya advance, karena kelebihannya.

Kelebihan dari VPS hosting ini adalah Anda bisa lebih bebas mengkostumisasi server sendiri, memiliki hak akses penuh untuk server-nya, lebih stabil dalam menurunkan dan meninggikan resources, serta aman untuk update dan upgrade aplikasi atau sistem operasi server untuk mendapatkan patch baru serta terhindar dari bug.

Namun kekurangannya, server hosting ini hanya cocok untuk webmaster yang sudah advance, tidak efisien waktu dan tenaga karena Anda perlu mengkonfigurasi sendiri hosting-nya, dan memiliki harga yang lebih mahal.

Dedicated Hosting & Dedicated Server


Dedicated hosting merupakan layanan server hosting uang berbentuk virtual dan memungkinkan pengguna menyewa satu server secara penuh. Sementara dedicated server adalah layanan hosting yang memiliki bentuk fisik dan bisa dipilih sistem operasinya oleh pengguna sendiri, sesuai dengan spesifikasi hardware pada komputer server. Kedua hosting ini kerap disamakan, meskipun sebenarnya beda.

Hanya saja, keduanya memiliki persamaan yaitu memiliki resources yang lebih besar dibanding hosting lain, memiliki hak akses penuh pada server-nya, dan memiliki jaminan keamanan yang lebih tinggi. Sementara kekurangannya, yaitu berharga sangat mahal dan hanya cocok digunakan jika website sudah advance, serta kurangnya efisiensi tenaga sebab perlu dikelola sendiri.

Cloud Hosting


Cloud hosting merupakan jenis hosting versi terbaru, sehingga masih jarang digunakan. Sistem dari hosting ini yaitu memanfaatkan konsep komputasi awan, yang memiliki kecepatan lebih baik atau bahkan lebih aman dibandingkan hosting lainnya. Dimana jenis hosting ini, tidak mengandalkan satu server dalam satu lokasi saja, melainkan banyak server yang tersebar luas ke penjuru negara.

Kegunaan dari banyaknya server ini untuk melengkapi dan menutupi jika salah satu server tidak bisa bekerja secara baik, maka server lain menggantikan. Dengan kerja dan fitur tersebut, maka patokan harga untuk server ini terbilang lebih tinggi, sehingga diperlukan pertimbangan jika ingin digunakan untuk keperluan website
sendiri.

Managed WordPress Hosting


Managed WordPress Hosting merupakan jenis khusus untuk platform wordpres, yaitu salah satu penyedia website populer era sekarang. Adapun kelebihannya, yaitu ada sisi server yang sudah dioptimalkan sehingga wordpres bisa berjalan lancar, selain itu adanya fitur tambahan seperti update situs otomatis, backup harian dan sebagainya. Sayangnya, server ini mematok tarif yang mahal dibanding server lain.